Mau baca artikel apa? request WhatsApp!

Apa Itu Gelembung Ikan? Jenis, Manfaat & Harganya

Gelembung Ikan memiliki banyak manfaat yang wajib sobat ketahui. Ayo simak penjelasannya.

Gelembung ikan adalah pelampung renang yang ada di dalam perut ikan yang dimiliki oleh beberapa jenis ikan, seperti kakap, gulama, ote dan lainnya. Gelembung ikan juga dikenal dengan pelampung renang ikan atau lampung ikan.

Manfaat Gelembung Ikan

Gelembung ikan memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia seperti sumber kolagen, yaitu untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kecerdasan. Selain itu ada beberapa jenis gelembung ikan yang digunakan sebagai bahan untuk medis.

Beda halnya dengan beberap daerah di negara Cina, disana gelembung ikan digunakan sebagai bahan makanan dan di olah menjadi sebuah sup.

Oleh sebab itu, mengapa gelembung ikan sangat mahal harganya, mulai dari ratusan ribu hingga sampai puluhan juta perkilonya tergantung jenis dan kualitas gembung ikan.

Jenis-jenis Gelembung Ikan

Berikut ini jenis-jenis dan harga gelembung ikan yang saya ketahui sesuai pengalaman saya sebagai pedagang opsi di Merauke, Papua.

Gelembung Ikan Gulama

Ikan Gulama banyak terdapat di seluruh wilayah di Indonesia, ikan ini banyak ditemukan di daerah yang ber-air payau. Selain itu ikan ini juga  dapat di temukan di Muara-Muara Sungai yang memiliki air keruh dengan arus berputar.

Harga gelembung ikan gulama

Harga gelembung ikan gulama ini cukup mahal, untuk harga lokalnya saat ini berkisar antara 1jt -  80 jt rupiah. Harga ini tergantung dari size gelembung ikannya.

Gelembung Ikan Hangkui (Kakap Cina)

Kakap cina berada di posisi no 2 termahal setelah gelembung ikan Gulama, gelembung kakap cina memiliki ciri khas nya yaitu mempunyai bentuk seperti telinga di setiap gelembung nya. 

Dari segi bentuknya, ikan ini mirip seperti ikan kakap kakap, hanya saja ikan ini memiliki warna oren kekuningan.

Harga gelembung ikan Hangkui

Saat ini, harga gelembung ikan ini berkisar dari 1jt - 60 jt perkilonya dilihat dari besar kecil dan kualitasnya. 

Gelembung Ikan Kakap

Ikan kakap sama persis bentuknya seperti ikan Hangkui(Kakap Cina), Ikan ini biasa hidup hidup dirawa dan Muara-Muara Sungai, dan di tengah laut.

Bentuk gelembung ikan kakap herbeda dengan gelembung Hangkui(kakap cina), bentuknya tipis dan bening, biasanya gelembung ikan ini di gunakan untuk bahan konsumsi di berbagai restaurant, seperti untuk bahan maskan sop.

Harga gelembung ikan Kakap

Saat ini,  harga gelembung ikan ini berkisar antara 1jt - 8jt rupiah, tergantung size dan kualitasnya.

Gelembung Ikan Kuru

Ikan kuru banyak diditemukan didaerah pesisir laut atau pantai, ikan ini paling mudah ditemukan.

Jenis gelembung ikan kuru sangat mudah sekali dibedakan, karena gelembung ini memiliki bentuk yang unik, gelembung ini memiliki ekor di setiap gelembungnya.

Harga gelelembung ikan kuru

Harga gelembung kuru saat ini berkisar mulai dari 1jt-6jt rupiah tergantung size dan kualitasnya.

Gelembung Ikan Ote

Ikan ote merupakan ikan yang hidup di sungai dan muara-muara. Ikan ini sama halnya seperti ikan kuru, karena banyak dan mudah sekali ditemukan oleh para nelayan, ikan ini memiliki duri seperti ikan lele atau sembilang.

Selain mudah didapat, ikan ini juga enak karena dagingnya memiliki serat agak kenyal karena kulitnya yang tebalnya.

Harga gelembung ikan Ote

Ikan ote memiliki 2 jenis, yaitu ote biasa dan ote mata merah.

Untuk harga gelembung ikan ote biasa(kerabu) berkisar mulai dari 150-500rb rupiah. Sedangkan untuk harga gelembung ikan ote mata merah berkisar dari 50-100rb rupiah.

Harga biasa ditentukan dari size dan kualitas gelembung ikan itu sendiri.

Gelembung Ikan Malong

Ikan Malong hidup di perairan air laut, tapi terkadang apabila musim angin timur, ikan ini juga masuk di perairan air sungai.

Gelembung ikan Malong ini bentuknya sangat unik, dikarena memiliki fostur yang lonjong dan panjang. 

Penutup

Selain memiliki manfaat yang sangat banyak, gelembung ikan juga sangat cocok sekali dijadikan bisnis untuk sobat yang memiliki modal usaha menengah keatas agar menghasilkan cuan yang lebih maksimal.

Semoga bermanfaat.

About the Author

Hai! saya Yudistira, saya suka menulis tentang Teknologi Digital.

1 komentar

  1. Mantap
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan :)
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin AdBlock di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar putih plugin pemblokiran iklan Anda.